February 23, 2015

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Baru Lahir

Saat kelahiran bayi adalah saat yang paling ditunggu sehingga orang tua tidak akan lupa untuk mengabadikan foto bayi baru lahir mereka. Sayangnya kegembiraan ini sedikit terusik ketika orang tua harus mulai melakukan perawatan bayi mereka setelah melahirkan. Menjadi orang tua baru membuat mereka kerepotan untuk merawat bayi mereka yang baru lahir. Akibatnya beberapa hal sering terlewatkan saat merawat bayi mereka setelah kelahirannya.

Tali Pusar

Beberapa orang tua merasa takut untuk merawat bayi mereka yang belum mengalami masa copot tali pusarnya. Padahal menunggu tali pusar copot tidaklah menakutkan. Jangan biarkan tali pusar tertutup karena udara yang lembab dapat menyebabkan tali pusar basah. Hindari tali pusar terkena air. Jika terkena air, bersihkan tali pusar dengan tissue atau kain kasa steril dengan lembut. Jika orang tua sangat bahagia memandani foto bayi baru lahirnya, mereka juga harus bahagia merawat tali pusarnya. Karena tali pusar akan segera copot dalam waktu 1-2 minggu.

Foto bayi baru lahir
Foto bayi baru lahir

Merawat Kulit

Sama halnya dengan kulit orang dewasa yang rentan menjadi sarang penyakit, kulit bayi yang baru lahir juga rentan penyakit. Terutama dibagian lipatan-lipatan yang sering lembab. Usahakan untuk memandikan atau mengelap kulit bayi minimal satu kali sehari menggunakan air hangat. Terutama kulit dibagian matanya yang selalu tertutup sehingga berpeluang besar menjadi sarang penyakit. Juga kulit bokong yang sering ditutupi popok. Untuk menjaga kulit bokong pada foto bayi baru lahir, gunakan popok atau diapers satu merk yang sesuai untuk bayi sekaligus kurang intensitas memakai diapers di rumah.

Potong Kuku

Kuku bayi harus dipotong meski sebelum 40 hari. Karena kuku bayi yang panjang akan membuat tubuh dan wajahnya terluka akibat garukan kukunya yang panjang. Sebaiknya potong kuku bayi Anda dengan rutin. Jangan lupa untuk mengikir kuku foto bayi baru lahir supaya tidak melukai wajahnya saat digunakan menggaruk.