March 11, 2015

Manfaat Permainan Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Belakangan ini marak permainan anak bayi yang diindikasi mampu merangsang kemampuan bayi dalam berbagai aspek. Bukan hanya merangsang kemampuannya dalam bicara, berjalan namun kemampuan seperti bersosialiasi dengan orang lain dan kecerdasan ilmunya juga ikut dirangsang. Karena itu sebagai orang tua, Anda harus pandai-pandai memilih permainan yang mampu merangsang kecerdasan anak. Jangan asal membelikan mainan tapi tidak mengandung manfaat.


Macam-macam Permainan Anak

permainan anak bayi

Selalu mendampingi anak saat bermain juga sebuah keharusan bagi orang tua. Pendampingan ini memungkinkan anak merasa nyaman saat bermain sehingga tidak merasa sendirian. Bahkan dengan permainan anak bayi yang sederhana, anak akan senang memainkannya. Beberapa jenis permainan sederhana untuk anak yang dapat Anda mainkan bersama bayi Anda adalah cilukba. Permainan ini sangat sederhana namun sangat baik untuk menjaga ikatan antara ibu dan anak. Selain itu permainan ini juga memiliki fungsi untuk melatih kontak mata si kecil. Sehingga kemampuan bayi melihat selalu dirangsang. Permainan lain yang dapat Anda lakukan bersama buah hati adalah pesawat terbang. Bermain pesawat terbang dilakukan dengan mengangkat tubuh bayi Anda dengan mengitari ruangan. Permainan anak bayi ini dapat Anda coba di rumah untuk mendampingi mainan dari toko yang telah Anda beli.


Manfaat Permainan Untuk Anak

Dalam tumbuh kembang anak, permainan memberikan peran yang sangat penting. Karena itu, orang tua Anda harus mendampingi dan memilih permainan yang sesuai untuk merangsang kecerdasan anak juga penting. Beberapa manfaat permainan anak bayi untuk anak adalah melatih fisik anak, melatih motorik kasar dan halus seperti gerakan dan koordinasi mata, tangan dan kaki, melatih rasa percaya diri, meningkatkan kreativitas anak dan melatih sosialiasi anak kepada orang lain.