April 27, 2015

Tumbuh Kembang dan Perawatan Bayi 4 Bulan

Selama merawat anak, Anda tidak mungkin melewatkan sedikitpun perkembang bayi 4 bulan. Karena saat bayi mencapai usia 4 bulan, bukan hanya tubuhnya yang berkembang namun kemampuan yang dimiliki bayi juga semakin bertambah baik. Sebagai orang tua yang baik, luangkanlah waktu untuk selalu bersama anak dan lakukan perawatan yang tepat untuk mendukung perkembangannya.


Perkembangan Bayi 4 Bulan


Perkembangan bayi 4 bulan yang paling sering terjadi adalah berat badan bertambah dua kali lipat jika dibandingkan dengan saat lahir. Beberapa bayi juga mulai terlihat tumbuh gigi meski normalnya gigi bayi baru tumbuh saat mereka mencapai usia 8 bulan. Dan yang perkembangan yang membuat orang tua terkejut adalah kemampuan motorik bayi yang dapat memegang dan memindahkan mainan dengan kedua tangannya, mulai bisa membedakan benda dengan warna-warnanya yang lebih terang juga mulai mampu mengangkat leher dengan tengkurap.

perkembang bayi 4 bulan


Selain itu, perkembangan bayi 4 bulan lainnya ditandai dengan perkembangan inderanya. Bukan hanya kemampuan matanya yang mulai berkembang, namun kemampuan untuk berkomunikasinya juga ikut berkembang. Diusia 4 bulan, jangan heran jika bayi Anda mulai lebih sering menggoda Anda dengan menjatuhkan benda berulang-ulang hanya untuk melihat Anda memungutnya.


Merawat Bayi 4 Bulan

bayi 4 bulan

Mengingat perkembangannya yang luar biasa, perawatan yang harus Anda lakukan untuk bayi usia 4 bulan Anda adalah dengan:

•       Memberikan asupan makanan sehat. Makanan selain berfungsi sebagai penambah energi juga untuk menunjang pertumbuhan dan kecerdasan anak.

•       Berikan mainan dengan berbagai macam tekstur untuk membuat kemampuan motoriknya berkembang. Selain itu beberapa permainan juga dapat dimainkan untuk merangsang kecerdasan bayi 4 bulan.

•       Berikan penuh waktu Anda untuk memantau perkembangan bayi 4 bulan. Karena anak akan selalu merasa aman saat berada didekat orang tua.