June 24, 2015

Melakukan Pijat Bayi Sendiri

Sangat direkomendasikan untuk melakukan pijat bayi Anda yang sudah mulai banyak melakukan kegiatan fisik. Biasanya bayi yang berumur lebih dari 4 bulan mulai menunjukkan akifitas yang luar biasa. Bukan hanya tengkurap namun merangkak hingga memenuhi seluruh ruangan juga sudah mulai mereka lakukan. Karena aktifitas fisik inilah, bayi cenderung lebih lelah dan rentan dengan cedera. Untuk menghindari hal tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan pijat bayi seara rutin.


Pijat Bayi

Kondisi Pemijatan



Untuk melakukan pijat bayi, Anda dapat memanfaatkan jasa pemijatan bayi yang sudah mulai banyak Anda temui. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Jangan khawatir untuk melakukan pijat bayi sendiri karena kegiatan ini dapat membuat hubungan Anda dengan bayi Anda akan semakin erat. Kondisi yang perlu Anda persiapkan saat memijat adalah kondisi yang tenang dan tidak berisik. Nyalakan musik yang ringan dan tenang untuk membuat bayi Anda nyaman. Jika bayi Anda rewel, nyalakan saja televisi dan pilih kartun kesukaannya. Kartun akan mengalihkannya dari rasa sakit saat Anda melakukan pijatan.


Gerakan Pijat Bayi



Anda dapat mempelajari gerakan pijat bayi dari buku, televisi ataupun mencari secara online. beberapa gerakan pijat bayi yang sangat direkomendasikan adalah pijatan untuk kaki, tangan dan punggung. Hal ini karena ketiga bagian tubuh tersebut merupakan bagian yang paling aktif digerakkan oleh bayi sehingga memungkinkan otot-ototnya kaku dan kelelahan. Lakukan pijatan pada telapak kaki dengan menepuk-nepuknya dan beri usapan halus dari kaki hingga pinggul. Untuk bagian tangan berikan pijatan lembut pada jari-jari dan lakukan usapan lembut dari jari hingga ke lengan atas berulang-ulang. Untuk punggung berikan pijatan ringan pada punggung sambil telungkupkan bayi. Usap mulai punggung hingga ke atas bahu. Pijat bayi ini akan membuat bahu bayi Anda lebih lemas dan kembali nyaman.